Selasa, 04 Desember 2012

Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia

    Unit Radiologi Dental dulunya bernama Laboratorium Oral Roentgenology, mulai didirikan tahun 1968. Radiologi Dental merupakan cabang llmu Kedokteran Gigi yang mempelajari tentang prosedur pengambilan roentgen foto gigi, rahang dan tulang tengkorak, serta interpretasi hasil roentgen foto. 
    Staf Pengajar yang ada di Departemen ini selain bertugas memberikan kuliah, juga bertugas membimbing praktikum dan tugas akhir (skripsi) dalam bidang Radiologi Dental untuk mahasiswa yang menjalani Program Pendidikan Akademik.
    Unit Radiologi Dental disamping bertugas mendidik dan melatih keterampilan mahasiswa di bidang Radiologi khususnya Radiologi Dental, juga melayani pasien-pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P) Fakultas Kedokteran Gigi USU maupun pasien kiriman dari luar Fakultas Kedokteran Gigi USU.



 MG 1858 

    Departemen Periodonsia (dulunya Bagian Periodontologi) berdiri sejak tahun 1967. Periodonsia merupakan cabang dari llmu Kedokteran Gigi yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan perawatan jaringan pendukung gigi.
Dosen pada Departemen ini selain bertugas memberikan kuliah dan membimbing tugas akhir (skripsi) untuk mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Akademik, juga memiliki tugas membimbing kerja klinik mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Profesi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat yang mernbutuhkan perawatan jaringan pendukung gigi yang datang berobat ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P) Gigi Fakultas Kedokteran Gigi USU.
    Adapun tujuan pendidikan dari Departemen ini ialah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari peserta didik dalam bidang perawatan jaringan pendukung gigi.
 
    Departemen Prostodonsia dibuka pada tahun 1965 yaitu bersamaan dengan diresmikannya pembukaan Dental Clinic Fakultas Kedokteran Gigi USU. Pada mulanya Departemen ini bernama Bagian Prostodontics akan tetapi sejak 1983 namanya disesuaikan menjadi Lab. Prostodonsia.
    Prostodonsia merupakan salah satu cabang dari ilmu kedokteran gigi yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan penggantian gigi yang hilang/dicabut dengan gigi tiruan.
     Dosen pada Departemen ini, selain bertugas memberikan kuliah, membimbing praktikum dan tugas akhir (skripsi) dalam bidang ilmu gigi tiruan untuk mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Akademik, juga memiliki tugas membimbing kerja klinik mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Profesi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pembuatan gigitiruan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P) Fakultas Kedokteran Gigi USU.
     Adapun tujuan pendidikan dari Departemen ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari peserta didik dalam bidang ilmu gigi tiruan.




FSDF 

    Untuk memenuhi perkembangan kurikulum Fakultas Kedokteran Gigi USU maka pada tahun 1977 didlrikan Bagian llmu Kesehatan Gigi Anak (Paedodental). Pada tahun 1984 Bagian llmu Kesehatan Gigi Anak diganti namanya menjadi Laboratorium Kesehatan Gigi Anak di bawah Jurusan llmu Kedokteran Gigi Masyarakat.

    llmu Kesehatan Gigi Anak merupakan cabang darl llmuk kedokteran gigi yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan gigi anak. Staf pengajar yang ada di Departemen ini selain bertugas memberikan kuliah dan membimbing tugas akhir (skripsi) dalam bidang llmu Kesehatan Gigi Anak untuk mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Akademik, juga memiliki tugas membimbing kerja klinik mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Profesi didalam melakukan perawatan gigi anak pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P) Fakultas Kedokteran Gigi USU.

    Tujuan pendidikan dari Departemen ini ialah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam melakukan tindakan perawatan gigi terhadap anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar